Your Adsense Link 728 X 15

Pages

PROPOSAL KERJA PRAKTEK

Posted by Mustafa Kamal Saturday, January 13, 2018 0 komentar


PROPOSAL
KERJA PRAKTEK

PT MESKOM AGRO SARIMAS
JL. UTAMA PANGKALAN BATANG




 



DISUSUN OLEH:

NO
NAMA
NIM
NO
NAMA
NIM
1
Juliarti Suhada
5103151106
9
Fifi Triyanti
5103151068
2
Vika Wulandari
5103115115
10
Siti Rahayu
5103151069
3
Fahrur Rozi
5103151006
11
Umi Kalsum
5103151071
4
Alamuddin Al Asmar
5103151015
12
Mahariani
5103151075
5
Rosmaniar
5103151021
13
Mustafa Kamal
5103151078
6
Murnita
5103151043
14
Menawati
5103151083
7
Putri Oktaria
5103151049
15
Muhammad Hafis
5103151084
8
Monnalissa
5103151052
16
Raja Rahmat Hidayat
5103151101


PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS
2017
A.    LATAR BELAKANG
Kerja Praktek (KP) adalah Kegiatan Intra Kulikuler yang tergabung dalam kelompok mata kuliah kehidupan bernegara dan bermasyarakat (MBB), pada semua jurusan di Politeknik Bengkalis.Secara umum pelaksanaan KP ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa di bidang teknologi dan keterampilan mereka langsung dalam berbagai kegiatan di industri maupun perkantoran.
Setelah melaksanakan KP secara khusus mahasiswa di harapkan memperoleh pengalaman industri yang mencangkup perencanaan, pengolahan dan pelaksanaan unit produksi serta pengujian kualitas produk. Pencapaian tujuan KP diatas pada akhirnya mengacu pada pembentukan profesionalisme mahasiswa yang mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang luas di bidang Administrasi Bisnis.  Dengan kemampuan itu, lulusan D3 Politeknik Negeri Bengkalis diharapkan akan mampu mengaplikasi keterampilan yang dimiliki dan agar dapat melaksanakan tugas perguruan tinggi. Politeknik Bengkalis juga berupaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dengan melaksanakan pelatihan atau training di perusahaan-perusahaan, sehingga bisa mewujudkan misi Politeknik menjadikan tenaga siap pakai dan mempunyai Link and Match antara dunia industri dan dunia pendidikan yang terlaksana dengan baik.

B.    TUJUAN KERJA PRAKTEK
Secara umum pelaksanaan KP ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dibidang Adminstrasi Perkantoran dan teknologi melalui keterlibatan mereka  secara langsung dalam berbagai kegiatan di industri maupun perkantoran yang ditetapkan. Namun secara khusus tujuan KP bagi mahasiswa Program Studi Adminstrasi Bisnis adalah untuk mengetahui dan mempelajari tentang:
1.      Manajemen Produksi pada perusahaan
2.      Manajemen Pemasaran pada Perusahaan.
3.      Manajemen Sumberdaya Manusia (personalia) pada perusahaan
4.      Manajemen Keuangan pada perusahaan
5.      Manajemen Kearsipan pada perusahaan
6.      Kesekretariatan perusahaaan
7.      Administrasi perkantoran perusahaan

C.     MANFAAT KERJA PRAKTEK
Kegiatan KP diharapkan dapat bermanfaat kepada Mahasiswa untuk :
1.      Mengenal dunia kerja yang sesungguhnya melalui kegiatan pemagangan dan praktek kerja.
2.      Memperoleh pengalaman langsung dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya di Politeknik Negeri Bengkalis.
3.      Dapat menerapkan atau memperdalam pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan ke dalam praktek kerja yang sesungguhnya.
4.      Melatih dan menumbuhkan sikap dan pola pikir yang profesional untuk memasuki dunia kerja.
5.      Mengetahui berbagai macam permasalahan yang sering terjadi dalam dunia kerja dan solusinya.

D.     WAKTU PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK
Didalam Kurikulum Program Studi Administrasi Bisnis dicantumkan bahwa mata kuliah KP memiliki bobot SKS sebesar 4 SKS.  Pelaksanaan KP akan dilaksanakan selama 2 bulan mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 2 September 2017.

E.      TEMPAT PELAKSANAAN KP
Kerja Praktek ini akan dilaksanakan di Perusahaan PT Meskom Agro Sarimas yang beroperasi di bidang perkebunan kelapa sawit dan produksi air mineral.

F.      PESERTA KP
Mahasiswa yang akan melakukan KP Pada Perusahaan (nama perusahaan) adalah sebagai berikut:


NO
NAMA
NIM
SEMESTER
Program Studi
1
Juliarti Suhada
5103151106
IV-D
Administrasi Bisnis
2
Vika Wulandari
5103115115
IV-D
Administrasi Bisnis
3
Fahrur Rozi
5103151006
IV-A
Administrasi Bisnis
4
Alamuddin Al Asmar
5103151015
IV-A
Administrasi Bisnis
5
Rosmaniar
5103151021
IV-A
Administrasi Bisnis
6
Murnita
5103151043
IV-B
Administrasi Bisnis
7
Putri Oktaria
5103151049
IV-B
Administrasi Bisnis
8
Monnalissa
5103151052
IV-B
Administrasi Bisnis
9
Fifi Triyanti
5103151068
IV-C
Administrasi Bisnis
10
Siti Rahayu
5103151069
IV-C
Administrasi Bisnis
11
Umi Kalsum
5103151071
IV-C
Administrasi Bisnis
12
Mahariani
5103151075
IV-C
Administrasi Bisnis
13
Mustafa Kamal
5103151078
IV-C
Administrasi Bisnis
14
Menawati
5103151083
IV-C
Administrasi Bisnis
15
Muhammad Hafis
5103151084
IV-C
Administrasi Bisnis
16
Raja Rahmat Hidayat
5103151101
IV-C
Administrasi Bisnis

G.    KOMPETENSI
Sesuai dengan kompetennsi lulusan Program Studi Administrasi Bisnis, maka mahasiswa Administrasi Bisnis yang akan melakukan KP memiliki kompetensi sebagai berikut :
1.      Pekerja keras, jujur dan bertanggung jawab, serta memiliki sifat menghargai orang lain.
2.      Memiliki kemampuan berfikir secara ilmiah di bidang bisnis.
3.      Memiliki kemampuan manajerial di bidang bisnis.
4.      Memiliki kemampuan berfikir dan bertindak secara efektif dan efisien sesuai kode etik bisnis serta memiliki komitmen terhadap mutu hasil pekerjaan.
5.      Inovatif, ulet, kreatif, pantang menyerah, adaptif, responsif, mandiri, mempunyai keinginan untuk maju, dan berani menanggung resiko.
6.      Memiliki keahlian sesuai dengan kurikulum yang diberikan, antara lain : Administrasi perkantoran, pengetikan manual, pengetikan elektronik, Microsoft Office, Korespondensi Bisnis, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Manajemen Kearsipan, Kesekretariatan, Manajemen Pemasaran, Produksi, Kuangan, Akuntansi, perpajakan, Personalia, Public Relation dan Etika Profesi.

H.    ALTERNATIF PENEMPATAN
Sesuai dengan kompetensi diatas, maka Mahasiswa Program Studi Adminstrasi Bisnis dapat melakukan kegiatan KP pada bagian atau departemen antara lain berikut ini :
1.      Resepsionist
2.      Administrasi kantor manual dan komputerize
3.      Kesekretariatan, Kearsipan dan Korespondensi Bisnis
4.      Personalia
5.      Penjualan dan Pemasaran
6.      Keuangan, pencatatan persediaan, akuntansi dan perpajakan
7.      Produksi, pabrik, pergudangan
8.      Public Relation

I.       PENUTUP
Demkian proposal KP ini kami buat. Semoga kerjasama ini dapat terjalin dengan baik dan membawa manfaat bagi kita bersama. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Bengkalis, 13 April 2017
Perwakilan Mahasiswa



Mustafa Kamal
NIM. 5103151078


Mengetahui

            Koordinator Kerja Praktek                               Ketua Program Studi
      Program Studi Administrasi Bisnis                           Administrasi Bisnis
                                   


              Tri Handayani, SE., M.Si                                  Supriati, S.ST., M.Si
              NIP. 198505082014042001                                       NIK. 0909130

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts